TutorialComunity: Situs Tempat Edit Foto Online yang Bagus, Gratis dan Fiturnya Lengkap

Saturday 4 February 2017

Situs Tempat Edit Foto Online yang Bagus, Gratis dan Fiturnya Lengkap

Beberapa yang disebut berikut adalah yang paling banyak direkomendasikan dan masing-masing memiliki fitur unggulan yang jadi alasan mengapa digemari banyak orang dan hingga kini menjadi aplikasi edit photo online yang terkenal. Sebagai contoh, yang juga disebut di bawah, Photofunia misalnya, web ini menjadi begitu tenar dan ganyak dikunjungi karena ia fokus menyediakan berbagai efek poto yang unik, seperti menampilkan foto pada billboard layaknya calon pimpinan daerah yang akan ikut bertarung dalam pilkada, atau efek lainnya yang membuat fotomu tampak seperti artis yang dikelilinya dengan banyak Mike dan sebagainya.

1.  photoshop.com/tools – yang paling bagus

Siapa yang tak mengenal Photoshop? Anda juga pasti sudah tahu betul kalau ini adalah software khusus untuk mengedit foto dan juga membuat gambar. Tapi ada yang berbeda dengan link yang ditampilkan di atas dimana kini ia juga ditampilkan dalam bentuk online, jadi kalau tidak mau capek download lebih baik langsung saja gunakan versi onlinenya. Saat pertama kali masuk, yang harus dilakaukan adalah dengan meng-klik tautan yang ada di bawah tulisan ‘Photoshop Express Editor’, yaitu yang bertuliskan ‘Start The Editor’, selanjutnya tinggal upload gambar yang akan kamu edit dan dandani. Sangat disarankan membuat akun terlebih dahulu untuk bisa mengakses semua fitur gratisnya.
Beragam kebutuhan bisa kamu lakukan dalam layanan online Photoshop di atas, termasuk melakukan crop gambar, menyesuaikan exposure serta warna pada tampilan fotomu agar tampak lebih menarik dilihat.

2.  https://photofunia.com – yang unik dan keren

situs tempat edit foto online gratis
Tahukah anda kalau aplikasi edit foto online dengan photofunia adalah yang banyak dicari netizen (sebutan untuk pengguna internet) di dunia maya. Saya juga sebelumnya tidak tahu apa alasannya tapi setelah mengunjungi langsung situsnya, ternyata ada spesifikasi unik yang web ini miliki yang membuatnya disenangi banyak orang, yaitu kemampuannya merubah gambar wajah dari tokoh terkenal menjadi seperti wajahmu atau pun sebaliknya. Saat pertama kali mengunjungi situs ini jelas sekali terlihat pada title webnya yang menyebut “All effects – PhotoFunia: Free photo effects and online photo editor“. Ini artinya bukan cuma fungsi yang disebut tadi yang bisa anda lakukan di situsnya, tapi juga seperti memasang fotomu di poster / billboard pinggir jalan, menulis teks besar icon suatu kota seperti di Hollywood, menampilkan foto di dalam majalah seakan kamu sedang diberitakan, di depan banyak mike layaknya artis yang sedang diwawancarai dan lain sebagainya.

3.  Pixlr.com/editor/

Ini salah satu yang mudah ditemukan jika anda mengetikkan kata edit foto online gratis di Google, tapi bukan cuma karena itu kami merekomendasikannya, tapi memang pada kualitas servicenya yang memuaskan. Pada saat perkali mengunjungi webnya anda sudah disugukan pilihan, apakah itu Create a New Image (membuat gambar baru), upload photo dari komputer, dari URL dan juga Library, silahkan pilih. Tampilan yang mucul setelah itu adalah halaman yang hampir mirip dengan membuka aplikasi photoshop yang mana tampilannya hitam gelap sedang di sisi kirinya terdapat banyak tools yang bisa digunakan untuk mengedit gambar. Selanjutnya, tinggal gunakan alat yang tersedia, mau melakukan blur, layer masks, unsharp mark dan sebagainya, dan terakhir tinggal save hasil kerjamu.

4.  Fotor.com – paling gampang

Untuk yang newbie atau pemula dalam mengedit foto online maka Caraspot sangat menyarankan untuk menggunakan ini karena penggunaannya tergolong simple sekali dan tak butuh banyak menggunakan tools, cukup upload gambarmu lalu gunakan beberapa fitur di dalamnya, seperti memberi tulisan di atas foto, drop shadow, buat Stamp, Gallery dan lainnya. Saat pertama kali berkunjung ke situsnya maka kamu akan melihat 3 pilihan menu utamanya, yakni Make Collage (membuat foto kolase), Edit a Photo, dan juga Design Kartu yang mungkin akan sangat berguna di saat ada teman yang ulang tahun, mau mengucapkan selamat pada kerabat dan sebagainya. Buat kamu yang pengguna HP smartphone maka situs ini juga menyediakannya untuk di download, apakah itu untuk Android maupun Apple.

5.  BeFunky.com – yang paling simple

Kalau mau cari yang syaratnya harus populer maka Befanky ini adalah satu alternatif terbaik untuk edit foto online. Banyak sekali efek dan pengaturan photo di dalamnya yang bisa anda pilih, bahkan bisa sampai 20 kelompok pengeditan. Salah satu situs andalan adalah bisa crop gambar untuk mengurangi tepinya agar tak terlalu lebar dan lebih rapi. Tapi selain itu, ada banyak lagi lainnya yang bisa digunakan, dan biar lebih jelas saya sebutkan semua yang bisa dimanfaatkan dari fiturnya, yaitu :
  • Touch UP terdiri dari Blemish Fix, Wrinkles, pengaturan mata seperti fix Redeye atau menghilangkan mata merah, eye color (efek warna pada mata), Lipstick, Bronzer, Blush, Teet whiten (memutihkan gigi), dan juga kloning gambar.
  • Edit – Bisa melakukan crop, rotasi atau memutar foto, tilt, beutify (mempercantik), Exposure, mewarnai, blur, sharpen (mempertajam warna), color mixer (menggabung warna), soften, smothing, dan vignette.
  • Effect – Ini adalah fitur untuk merubah warna dominan dari foto anda, pilihannya misalnya black and white (merubah jadi hitam putih), lebih merah, lebih putih, lebih biru dan lainnya.
  • Artsy – Adalah tool untuk menciptakan foto yang lebih artistik, misalnya membuatnya tampak seperti foto sketsa, kartun, tulisan pensil, seperti lukisan, tampak jadul dan lain sebagainya.
  • Frames – Kalau kamu mau buat fotomu lebih indah dengan tambahan bingkai maka pakai fitur ini, misalnya dibuat seperti cuplikan film, grunge, drop shadow, dan lainnya.
  • Graphics – Menambahkan gambar unik di atas foto.
  • Overlay – Memotong gambar menjadi bentuk unik dan simetris atau bisa juga dibilang membuat berbagai bentuk dengan foto kita yang jadi latarnya, misalnya membuat huruf, geometry, bentuk hari dan lainnya.
  • Text – Memberi tulisan atau kererangan di atas foto anda, dan lain sebagainya.
  • Texture – Memberi warna tekstur unik di atas gambar yang diedit, nah cocok sekali yang memiliki salah satu dari batu akik termahal dan mau menampilkannya tampak seperti berserat.

6.  Pizap.com – Lengkap

Menu utama dari situs aplikasi edit foto online ini adalah Editing, Collage / menggabungkan gambar, design, emoji maker. Dan satu lagi tambahan yang juga banyak dibutuhkan dan bagus buat pengguna jejaring sosial, yaitu Facebook dan Twitter cover. Saat pertama kali start maka kamu akan disuguhi berbagai pilihan tempat pengambilan file foto, yaitu bisa melalui komputer, google drive, Dropbox, selfiee / web cam, facebook, flickr, Instagram dan Picasa, jadinya bebas memilih gambar mana yang mau disetting.
Mau diapakan saja gambarmu bisa dengan bantuan Pizap. Kalau kamu masih pemula dan mau yang mudah dan gampang maka bisa langsung menggunakan fitur editing dasarnya, yaitu seperti mengatur contrast, color, brightness, zoom, rotasi, saturation, dan juga crop. Dan untuk tingkat lanjut kamu bisa menggunakan item Paint untuk melakukan brush, menghapus, blur, transparansi, menambah teks atau tulisan dan lain sebagainya. Hanya saja kalau mau yang unik dan lucu, seperti membuat hidung seperti membesar karena kaca pembesar, maka kamu harus membayar versi Pro-nya.

7.  Loonapix.com dan Adornpic.com – yang lucu dan unik

Layanan dari Loonapix ini dikenal juga dengan sebutan photo effects. Banyak sekali jenis efek wajah yang bisa kamu pilih di dalamnya, di antaranya adalah membuat gambarmu berada di awan, di reklame, di pasir pantai, di lukisan pinggir jalan, dalam linkaran love dan lainnya. Atau bisa juga pilih effect wajah yang beragam, sebagai contoh mukamu ditukar dan digabungkan dengan binatang, artis, binaraga, sinterclas, bayi dan lainnnya. Lain lagi dengan Adornpic yang mana ia menyajikan pilihan setting gambar yang lebih lucu karena ada tambahan efek sayap di belakang badan, menampilkan foto di dalam layar TV dan banyak lagi.

8.  photo-kako.com/id/cartoon.cgi – merubah gambar jadi kartun

Ini baru anak Indonesia, ya kebetulan yang buat adalah anak Indonesia, bisa dilihat dari websitenya yang semua menunya menggunakan bahasa kita. Saya akui kalau memang alat pengeditan gambarnya dibuat dengan sangat seirus karena hampir semua kebutuhan untuk pembuatan gambar menjadi kartun ada di dalamnya. Semua yang berkaitan dengan pengeditan gambar menjadi cartoon ada di sana, di antaranya teknik fotografi dasar, menampilkan layaknya tulisan pensil, karikatur, komik dan sebagainya. Dan yang lebih saya senangi dari web ini adalah karena di sampingnya sudah tersedia langsung macam pengaturan, misalnya mengatur lebar cetak, kualitas JPEG, deteksi wajah, hue, dan banyak lagi.