TutorialComunity: Cara Mudah Membuat Saluran Khusus Di Adsense

Friday 10 February 2017

Cara Mudah Membuat Saluran Khusus Di Adsense

membuat saluran khusus
Custom channel atau sering disebut saluran khusus adsense. Fungsi dari saluran khusus ini adalah untuk lebih memaksimalkan pendapatan adsense. Kenapa demikian? Dengan membuat custom channel (saluran khusus), iklan yang kita pasang akan lebih tertarget, karena dalam saluran khusus tersebut kita hanya mengisi kategori iklan yang sesuai dengan kehendak kita, biasanya di sesuaikan dengan niche blog kita masing masing. Misalnya kategori kesehatan, bisnis online, wisata, hiburan dan sebagainya.

Saluran khusus ini nantinya akan di lihat oleh pihak pengiklan (advertiser) untuk lebih fokus dengan jenis iklan yang dia iklankan, sehingga akan terjadi penawaran. Jika pihak pengiklan merasa cocok dengan saluran khusus yang kita buat, dia akan berani membayar lebih tinggi untuk CPC nya.
Nah ini adalah keuntungan bagi kita sebagai penayang iklan, karena otomatis nilai iklan kita akan menjadi lebih tinggi. Itulah fungsi sebenarnya membuat saluran khusus adsense, nilai CPC iklan akan lebih optimal. Dengan begitu pendapatan adsense kita akan lebih meningkat.
Fungsi lain dari saluran khusus adalah kita bisa memantau kinerja iklan dari masing masing saluran. Karena terdapat laporan tersendiri dari setiap saluran khusus. Dengan begitu kita akan mengetahui jenis iklan yang kinerjanya kurang memuaskan, dan kita bisa mengganti agar lebih maksimal.

Cara membuat saluran khusus
Untuk membuat saluran khusus adsense ini lebih universal, ganti dashboard adsense anda dengan menggunakan bahasa inggris.
Di halaman pertama dashboard, pilih my Ads. Pada menu disamping pilih custom channel.


Gambar dokumentasi pribadi
Kemudian pilih New custom channel, maka akan muncul halaman baru yang berisi tab untuk mengisi kelengkapan chanel baru tersebut, bisa di tunjukkan melalui gambar di bawah ini.


membuat saluran khusus adsense
Gambar Dokumentasi Pribadi
Keterangan gambar
  1. Pada bagian ini isilah dengan kategori yang akan di buat, pada bagian ini akan dilihat oleh pihak pengiklan (Advertiser) Jadi buatlah nama yang singkat dan padat, sesuai dengan kategori yang di ajukan. Contoh punya saya adalah Blog And Adsense.
  2. Pada kolom ini adalah daftar iklan yang kita buat di dashboard unit iklan. Pilih add untuk memasukkan kedalam daftar.
  3. Daftar unit iklan yang kita tawarkan ke pihak pengiklan.
  4. Beri tanda centang pada bagian ini.
  5. Ini adalah Iklan yang akan di munculkan berdasarkan kategori yang kita pilih, contoh dalam blog saya adalah iklan di artikel blog dan artikel adsense. (gunakan bahasa inggris)
  6. Pilih Multiple locations jika space iklan yang diberikan lebih dari satu.
  7. Kolom deskripsi untuk menambahkan secara spesifik tentang blog yang anda tulis.
  8. Pada site language, pilih indonesia. Jika blog anda berbahasa indonesia.
  9. Setelah selesai, simpan untuk mengubah pengaturan.
Pada tahap ini anda sudah selesai membuat saluran khusus iklan adsense, kita bisa lihat beberapa saat untuk mengetahui status dari saluran khusus tersebut. Jika terlihat tulisan aktif (pada gambar pertama) maka anda sudah berhasil.

Penutup
Pihak pengiklan atau advertiser akan memilih dan menempatkan iklan yang sudah dia bayar untuk di tayangkan kepada blog yang benar benar sesuai dengan kategori iklannya. Dengan kata lain, pihak pengiklan ingin iklannya benar benar tertarget, dan di lihat oleh pengunjung sesuai dengan kategori blog yang sedang di baca.
Pihak pengiklan akan merasa di untungkan, karena iklannya di lihat oleh orang (pengunjung) yang tepat, begitu juga pihak penayang iklan (publisher) akan merasa di untungkan juga, karena nilai iklan tertarget akan lebih tinggi nilai CPC nya dari pada iklan yang tidak di targetkan melalui saluran khusus. Semoga bermanfaat.