TutorialComunity: Seo Toko Online

Sunday 25 December 2016

Seo Toko Online

SEO untuk toko online atau ecommerce jauh lebih rumit daripada website lain berupa blog atau website informasi.
Ini karena toko online pada umumnya hanya berisi halaman-halaman produk tanpa banyak konten lain, dan kita tahu bahwa mesin pencari menyukai website yang kaya akan konten.
Lalu apakah pemilik toko online harus membuat banyak tulisan di setiap halaman?
Tidak juga.
Keberadaan konten memang sangat berpengaruh terhadap SEO. Tapi selain konten, masih banyak lagi yang bisa dan harus anda lakukan untuk website ecommerce.
Dalam panduan ini kita akan membahas 16 teknik SEO yang akan membuat toko online anda kokoh di peringkat atas hasil pencarian.
Oh ya, teknik ini tidak hanya untuk toko online tapi semua website yang menjual produk/layanan.

SEO pada toko online berbeda dengan blog

Dasarnya sama.
Tapi situs ecommerce membutuhkan perhatian lebih tinggi terutama pada bagian on-page. Alasannya karena ecommerce merupakan bentuk website yang paling rumit strukturnya.
Panduan SEO untuk blog tidak bisa diterapkan dalam toko online.
Sebelum memasuki panduan ini, kalau anda belum memahami dasar dari SEO silahkan baca panduan ini.

1. Sertakan review dari pembeli di halaman produk

Review produk merupakan salah satu elemen paling vital dalam halaman produk terkait SEO.
Karena berupa konten yang fresh dan original, review akan memperkaya halaman anda dengan keyword. Enaknya, konten review didapatkan secara otomatis.
Review juga mampu meningkatkan rangking anda untuk kata kunci “nama produk + review” dan long tail keyword lainnya.
Kalau anda mengaplikasikan dengan tepat, review berbintang akan muncul di halaman pencarian Google.
Sehingga CTR website anda akan meningkat.
Tapi tidak hanya SEO. Review juga akan meningkatkan penjualan anda.
Lihat statistik dari penelitian:
  • 63% pengunjung lebih memilih untuk membeli di website yang ada review-nya (iPerceptions, 2011)
  • Review akan meningkatkan penjualan produk hingga 18% (Reevoo, 2013)
  • 61% calon pembeli akan membaca review terlebih dahulu sebelum membeli (Econsultancy, 2012)
Maka dari itulah hampir semua ecommerce besar memberikan kolom bagi pembeli untuk meninggalkan review.
Review produk
Masalahnya, jarang pembeli yang mau meninggalkan review begitu saja.
Karena itu lakukan tips meningkatkan review:
  • Minta review melalui halaman produk (seperti gambar di atas), dan buat prosesnya jadi semudah mungkin
  • Berikan insentif bagi pemberi review, bisa berupa kupon diskon atau bonus lain
  • Kirimkan email. Tapi jangan langsung setelah membeli, tunggu 3-5 hari setelah pembeli menerima barang agar mereka bisa mencoba produknya terlebih dahulu

2. Gunakan struktur data Schema.org untuk halaman produk

Bandingkan kedua website di hasil pencarian Google ini:
Hasil pencarian MacBook Air
Mana yang lebih menarik untuk di-klik?
Kalau anda menebak yang pertama, selamat. Memang berdasarkan analisa didapatkan bahwa hasil pencarian yang memiliki rich snippets lebih banyak akan mendapatkan CTR lebih tinggi.
Seperti yang ditunjukkan pada gambar ini.
heatmap rich snippets
Warna merah menunjukkan jumlah klik terbanyak.
Untuk bisa mendapatkan gambar bintang, jumlah review, harga, dan sebagainya di hasil pencarian, anda harus mengaplikasikan struktur data dari schema.org untuk produk.
Ada 5 data utama yang bisa muncul di hasil pencarian:
  1. Ketersediaan barang
  2. Diskon/harga khusus
  3. Nama produk & harganya
  4. Review dan rating bintang
  5. Gambar atau video
Memang butuh kemampuan teknikal untuk mengaplikasikan struktur data ini, jadi kalau anda tidak bisa melakukan sendiri gunakan jasa web development.
Sedangkan bagi pengguna WordPress untuk ecommerce anda bisa menggunakan salah satu plugin ini:
Setelah itu lakukan tes di Google Structured Data Testing Tool.

3. Gunakan keyword dengan commercial intent pada judul halaman

Judul adalah salah satu elemen halaman yang paling tinggi efeknya terhadap rangking.
Karena toko online tidak berisi banyak konten, maka peranan judul menjadi makin penting dalam website anda.
Makanya sangat penting untuk mengoptimasi judul.
Pertama-tama yang harus anda lakukan adalah melakukan riset kata kunci di Google Keyword Planner untuk mendapatkan kombinasi kata yang volume pencariannya tinggi.
Tips
Lakukan riset untuk kata kunci berupa nama produk dan merk produk. Contohnya:
  • Merk produk: MacBook Pro
  • Nama produk: Laptop (atau notebook)
Merk produk digunakan untuk halaman produk sedangkan nama produk digunakan untuk halaman kategori (dibahas lebih lanjut di bawah).
Jangan memilih hanya berdasarkan volume pencarian, tetapi pilih juga yang memiliki commercial intent.
Tujuannya supaya traffic yang kita dapatkan tepat sasaran.
Commercial intent maksudnya keyword yang digunakan oleh user yang melakukan pencarian dengan tujuan ingin membeli sesuatu.
Keyword MacBook Pro
Dalam contoh gambar di atas, “jual” punya volume lebih tinggi daripada “beli” dan dalam bahasa Indonesia keduanya memiliki intent yang sama.
Jadi anda bisa menggunakan judul “Jual MacBook Pro …..” untuk mendapatkan traffic lebih besar.
WarungMac MacBook Pro
Sementara keyword “harga macbook pro” memang memiliki volume yang tinggi nilai commercial intent-nya lebih rendah daripada “jual”dan “beli”.
Meskipun begitu, anda juga bisa mengoptimasi halaman produk dengan keyword ini.
Seperti yang dilakukan oleh Lazada.
MacBook Pro Lazada
Beberapa contoh kata dalam keyword yang memiliki commercial intent:
  1. Beli (Transactional)
  2. Jual (Transactional)
  3. [nama produk] Murah (Commercial investigation)
  4. [merk produk] Murah (Transactional)
  5. Harga (Commercial investigation)
  6. Diskon/promo (Transactional)
  7. Second/bekas (Transactional)
Baca panduan ini untuk mempelajari pengertian istilah tersebut dan 2 search intent lainnya.

4. Buat halaman pedoman pembeli (buyer’s guide)

Konten sangat berhubungan erat dengan kualitas SEO suatu website. Untuk website toko online, disinilah letak konten anda.
Buyer’s guide atau pedoman pembeli yaitu panduan bagi calon pembeli dalam memilih suatu produk dalam kategori tertentu.
Misalnya “panduan memilih keyboard” dari Bhinneka ini.
Pedoman pembeli Bhinneka
Jangan keliru antara pedoman pembeli dengan pedoman langkah-langkah membeli barang dari website anda.
Pedoman pembeli yang berkualitas akan memberikan bantuan yang luar biasa terhadap keseluruhan SEO dari website anda.
Inilah manfaatnya dalam hal SEO:
  • Merupakan konten berkualitas yang bermanfaat bagi pengunjung, sehingga mudah mendapatkan peringkat tinggi.
  • Kaya dengan keyword commercial investigation, akan mengundang banyak calon pembeli.
  • Berpotensi mendapatkan backlink yang akan meningkatkan otoritas website anda secara keseluruhan. Ini akan dibahas lebih lajut di bawah.
Disamping SEO, pedoman pembeli wajib ada di toko online karena sangat mempengaruhi penjualan anda.
Di bawah ini beberapa manfaat lainnya:
  • Membantu pengunjung menentukan pilihan tanpa perlu pergi dari website anda
  • Meningkatkan kepercayaan calon pembeli kepada anda
  • Meningkatkan konversi penjualan
Membuat pedoman pembeli
Karena sangat mempengaruhi kualitas website anda secara keseluruhan, pastikan anda mengikuti tips ini dalam membuat pedoman pembeli:
  1. Gunakan tone yang profesional tapi tetap terkesan ramah
  2. Netral dan berupa fakta, tidak memihak suatu produk tanpa alasan yang kuat
  3. Harus menarik, kita ingin pengunjung membaca dari awal sampai akhir tanpa kebosanan
  4. Sertakan banyak gambar dan data
  5. Tidak bertele-tele, singkat, dan harus mudah disimak
  6. Pastikan isi kontennya tidak cepat kadaluarsa

5. Berikan deskripsi produk lebih dari 250 kata

Di halaman produk inilah pemilik toko online melakukan kesalahan terbesar. Ada berbagai macam kesalahan yang sering dilakukan.
Di antaranya yaitu:
  • Terlalu singkat, tidak informatif
  • Copy-paste dari deskripsi produk resmi
  • Kaku
Karena berupa konten, sangat penting untuk menyertakan deskripsi produk yang kaya dengan informasi.
Sayangnya beberapa pemilik toko online malas untuk membuat deskripsi sehingga mereka memilih untuk menyalin dari website resminya.
Deskripsi produk BodyBuilding
Gambar di atas adalah salah satu contoh terburuk yang saya temui.
Halaman produk tersebut sama sekali tidak menerangkan apapun selain kata kunci produknya.
Untuk mendapatkan konten yang baik di halaman produk, sertakan informasi berupa:
  1. Kalimat deskripsi
  2. Spesifikasi produk
  3. Keunggulan & kekurangan
Halaman ini menjadi halaman dimana seorang calon pembeli mengambil keputusan akhir.
Karena itu tugas utama anda disini adalah membujuk dan meyakinkan mereka untuk membeli.

6. Perkaya halaman kategori dengan konten

Halaman kategori bisa jadi merupakan halaman yang paling sering dikunjungi di website anda, melebihi halaman produk.
Alasannya karena pengunjung yang datang ke halaman produk sebagian besar akan kembali ke halaman kategori utama.
Selain itu halaman kategori juga akan mendapatkan banyak traffic dari mesin pencari.
Ketika user melakukan pencarian “beli laptop”, bukan “beli laptop Asus” maka halaman kategori andalah yang paling relevan, bukan halaman produk.
Jadi penting untuk mengoptimasi halaman ini.
Kesalahan terbesar dari kategori adalah hanya menampilkan daftar produknya, tanpa penjelasan sedikitpun.
Halaman Kategori Tees
Kalau kita lihat dalam contoh di atas dari Tees.co.id, konten yang disediakan hanya sebaris kalimat otomatis “Kamu sedang mencari [kata kunci] di [kategori]“.
Ini tidak memberikan manfaat nyata bagi pengguna dan search engine.
Ada beberapa konten yang bisa disertakan dalam halaman kategori:
  1. Deskripsi kategori dan item dalam kategori tersebut
  2. Kelebihan berbelanja di tempat anda
  3. FAQ (Pertanyaan yang sering diajukan)
  4. Review produk terbaru dari pemilik toko online
  5. Testimonial dari pembeli
  6. Versi praktis dari pedoman pembeli, ditambah link ke versi lengkap
  7. Promo
Selain isinya, judul dari halaman kategori juga harus dioptimasi. Sama seperti halaman produk.

7. Optimasi struktur URL dan navigasi website

Toko online merupakan website yang strukturnya paling rumit.
Kalau website anda berupa blog atau portal berita, Google bisa dengan mudah menerka seperti apa strukturnya.
Tidak demikian halnya untuk toko online.
Struktur ecommerce
Tanpa memiliki struktur yang baik, halaman yang semestinya penting bisa dianggap tidak penting oleh mesin pencari. Bahkan tidak terindeks.
Struktur website yang payah juga bisa jadi penyebab halaman duplikat.
Untuk anda yang menggunakan CMS seperti WordPress, Magento, PrestaShop, untuk toko online, mestinya anda sudah setengah jalan.
Ini karena pembuat CMS tersebut sudah berpikir tentang struktur.
Tetapi bagi anda yang membuat website dari nol, pastikan bahwa anda, developer, dan desainer paham dengan hal ini.
Ketika website sudah jadi berarti anda sudah telat. Akan sulit untuk mengubah.
Langkah selanjutnya adalah membuat strukturnya secara manual. Pasang internal link di setiap konten yang anda buat menuju halaman yang relevan.
Jangan hanya mengandalkan link yang otomatis.

8. Gunakan breadcrumb

Terkait struktur URL dan website, breadcrumb merupakan salah satu bagian terpenting dalam toko online.
Breadcrumb
Ada 2 fungsinya:
  1. Memberitahu struktur hirarki (tingkatan) website kepada search engine
  2. Memudahkan navigasi pengunjung
Google bahkan menyarankan setiap website ecommerce menggunakan breadcrumb karena memang website tipe ini strukturnya rumit.
Setelah itu jangan lupa gunakan markup Schema.org untuk breadcrumb.

9. Periksa dan perbaiki permasalahan halaman duplikat

Halaman duplikat di toko online seringkali terjadi karena ketidaksengajaan.
Bukan hanya karena copy-paste tapi juga karena permasalahan teknikal di internal website sendiri.
Secara umum ada 3 kondisi terjadinya halaman duplikat:
  • Tidak menggunakan canonical sehingga URL yang diakhiri dengan query dianggap halaman yang berbeda. Misalnya /halaman?q=123456 dianggap berbeda dengan /halaman/.
  • Penggunaan deskripsi yang sama pada produk yang sejenis. Misalnya baju dengan warna yang sama tapi beda ukuran dan warna.
  • Karena menyalin deskripsi produk dari website resmi.
Dalam kondisi kedua dan ketiga, website anda akan dicap memiliki “thin content” oleh Google.
Kondisi ini menyebabkan website anda berpotensi terkena penalty.
Solusinya, lakukan monitoring secara berkala melalui Google Webmaster Tools. Atau gunakan tool ScreamingFrog sebelum terdeteksi oleh Google.
Menemukan duplikat dengan ScreamingFrog
Setelah menginstall programnya, lakukan crawling ke halaman website anda.
Kemudian masuk ke tab URI, dan gunakan Filter > Dynamic.
Dari sini akan terlihat URL mana saja yang membutuhkan canonical di website anda.
2013-02-27_2015

10. Integrasikan social media untuk menciptakan efek viral

Dalam teori pengembangan website — meskipun diperdebatkan pengaruhnya terhadap SEO — tapi kita tidak bisa mengabaikan peran social media.
Social media merupakan sumber traffic terbesar kedua setelah mesin pencari.
Bagi ecommerce, social media bukan hanya sarana mendapatkan traffic tapi juga sarana membangun reputasi.
90% user menyatakan mereka akan mempercayai rekomendasi yang di-share oleh teman mereka (Voltier Digital, 2012)
Orang yang meng-klik dari konten yang di-share 5 kali lipat lebih mungkin untuk melakukan pembelian (Voltier Digital, 2012)
80% kustomer ecommerce menyatakan lebih memilih untuk login menggunakan akun social media (Janrain, 2011)
Melihat data ini, anda melewatkan peluang yang besar kalau mengabaikan social media.
Lakukan tips ini untuk mengintegrasikan social media:
  1. Gunakan meta Twitter Cards untuk produk, kemudian lakukan validasi.
  2. Gunakan meta Facebook OpenGraph, kemudian lakukan validasi.
  3. Pasang fitur untuk login dan mendaftar dengan akun social.
  4. Pasang tombol sharing, permudah pengunjung dalam membagikan link ke social media.
  5. Berikan hadiah setelah follow atau like akun anda, bisa berupa diskon.
  6. Share konten dari kustomer anda. Ajak mereka untuk share produk yang mereka beli dari anda dalam bentuk foto atau cerita. Setelah itu publish ulang melalui akun anda. Berikan insentif untuk memancing.

11. Buat komunitas di dalam website

Komunitas di dalam website ini bisa dalam bentuk forum atau platform tanya-jawab.
Mengelola komunitas sebagai bagian dari website memang tidak mudah. Anda harus mengurus komunitas ini agar tetap “bersih”.
Artinya kemungkinan anda akan membutuhkan staff khusus.
Tetapi keberadaan komunitas bisa berdampak positif terhadap SEO secara luar biasa.
  • Banyak konten baru yang muncul secara otomatis dari user dalam proses diskusi dan tanya jawab
  • Berpotensi mendapatkan backlink
  • Meningkatkan otoritas website secara keseluruhan
Disamping SEO, ada juga manfaat lain seperti:
  • Meningkatkan reputasi anda di mata calon kustomer
  • Sebagai wadah untuk kustomer
  • Menjalin hubungan dengan kustomer
Oleh karena alasan-alasan inilah, website ecommerce terbesar Amazon dan marketplace terbesar eBay memiliki forum diskusi.

12. Menangani produk yang sedang habis dan sudah tidak dijual

Pemilik website selalu menghindari keberadaan halaman error 404 (not found).
Ketika pengunjung mendapati halaman ini, maka kemungkinan besar mereka akan langsung pergi.
Tetapi dalam website ecommerce masalah ini seringkali justru dibuat sendiri oleh pemiliknya. Terutama karena menghapus halaman produk yang sudah tidak dijual.
Maka dari itu anda perlu mengetahui bagaimana menangani masing-masing produk yang sedang habis dan produk yang sudah tidak dijual lagi.
  1. Produk yang sedang habis – akan dijual kembali ketika ada stok:
  • Jangan hapus halaman
  • Berikan pemberitahuan di halaman produk bahwa stok sedang habis
  • Tawarkan produk lain yang sejenis
article_Out_of_stock_5
  1. Produk yang sudah tidak dijual lagi, lakukan salah satu:
  • Redirect 301 ke produk tipe baru
  • Redirect ke halaman kategori
  • Hapus halaman dan beritahukan ke Google Webmaster Tools (tidak direkomendasikan)
  • Gunakan URL-nya untuk menjual produk lain yang sejenis
  • Biarkan dan berikan pemberitahuan bahwa produk sudah tidak dijual

13. Berikan navigasi menuju produk lain yang sejenis

Bounce rate dari situs toko online selalu rendah, antara 20%-40%.
Artinya pengunjung tidak hanya diam di satu halaman melainkan membanding-bandingkan dengan produk lainnya.
Karena itu sediakan navigasi menuju produk lain yang sejenis untuk mempermudah mereka dalam menjelajah situs kita.
Halaman produk sejenis
Selain memudahkan pengunjung, navigasi ini juga berfungsi untuk membangun struktur website anda.

14. Jangan lupakan optimasi-optimasi dasar ini

Beberapa optimasi dasar yang tidak boleh anda lewatkan.
  1. Gunakan gambar dan video di halaman produk. Jangan lupakan tag “alt” untuk gambar.
  2. Atur URL supaya deskriptif dan mengandung keyword
  3. Optimalkan kecepatan website
  4. Gunakan Google Analytics dan Google Webmaster Tools, perhatikan datanya
  5. Pastikan website anda mobile-friendly
  6. Gunakan SSL
  7. Atur jadwal pemeriksaan SEO secara rutin

15. Buat blog dan buat strategi content marketing

Tidak diragukan bahwa content marketing saat ini merupakan salah satu faktor utama keberhasilan sebuah bisnis online dan startup.
Alasannya sederhana.
Manusia membeli barang, apalagi secara online, didasari dengan rasa kepercayaan.
Sales funnel
Kita tidak akan membeli sesuatu dari seseorang atau tempat yang meragukan, dan konten bisa anda manfaatkan untuk membangun rasa percaya.
Dan sebagai wadah konten anda butuh blog.
Anda bisa menggunakan WordPress untuk membuat blog bagi toko online.
Selain meningkatkan kepercayaan, tentunya blog dengan konten yang berkualitas akan memancing banyak backlink menuju website anda.
Karena itu, baca panduan ini sekarang juga untuk membangun strategi content marketing.

16. Lakukan link building dengan teknik ini

Bagi anda yang memahami tentang SEO pasti sadar seberapa pentingnya peran backlink terhadap peringkat website anda di mesin pencari.
Tetapi teknik link building bagi toko online tidak sama dengan jenis website lainnya.
Ini karena anda tidak punya banyak konten, kecuali kalau anda membuat blog di toko online anda.
Maka dari itu, lakukan teknik ini untuk mendapatkan link tanpa membutuhkan konten di website anda sendiri.
Link dari foto produk
Halaman produk selalu memiliki foto produk, dan foto ini sering diambil oleh blogger-blogger untuk konten mereka.
Buatlah foto yang cantik agar banyak yang menggunakan foto anda.
Beberapa dari mereka akan memasang backlink ke website anda sebagai sumbernya.
Untuk menemukan siapa yang menggunakan foto anda, gunakan cara yang disebutkan dalam teknik SEO ini.
Berikan produk anda secara gratis
Hubungi beberapa blogger yang pernah membahas mengenai produk yang anda jual.
Kemudian hubungi mereka, tawarkan produk anda secara “gratis”. Dengan imbalan berupa review dan link menuju website anda.
Mention terhadap nama brand atau nama toko online
Ketika nama anda sudah mulai terbangun, akan ada pemilik-pemilik website yang menyebutkan nama produk atau nama toko anda di website mereka.
Meskipun begitu, tidak semuanya menyebutkan dalam bentuk backlink.
Gunakan cara yang dijelaskan dalam teknik SEO ini, kemudian lakukan terhadap brand dan nama website anda.
Guest blogging
Guest blogging merupakan salah satu cara terbaik untuk menjadikan audience dari blog lain sadar dengan keberadaan anda.
Teknik ini, dan 9 teknik link building lainnya dijelaskan dalam panduan link building.
Program afiliasi
Program afiliasi berarti anda memberikan komisi bagi orang lain yang menjual produk anda.
Dengan membuka program afiliasi, para pemilik website yang menginginkan penghasilan tambahan akan mulai mempromosikan produk anda di website mereka.
Promosi ini secara otomatis akan menghasilkan backlink.

Penutup

Itulah ke-16 teknik SEO untuk toko online.
Dengan melakukan semuanya, bisnis anda akan bisa mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari.
Karena itu pastikan anda melakukan semuanya mulai dari sekarang secara bertahap.
Baca juga beberapa panduan ini untuk menunjang informasi dalam panduan ini.